Siap Amankan Eksekusi Lahan, Polres Maros Turunkan Ratusan Personil

Maros_Sekitar 155 personel dari aparat kepolisian Resor Maros Polda Sulsel dikerahkan untuk mengamankan jalannya eksekusi lahan jalur kereta api di desa salenrang kec. Bontoa kab. Maros yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 10 April 2021 nanti.

Kapolres Maros Akbp Musa Tompubolon Sik SH mengungkapkan sebagai alat negara siap mengamankan jalannya eksekusi lahan jalur kereta api.

“Kami siapkan 155 personel Polres Maros. Mengenai proses eksekusi itu wewenang PN (Pengadilan Negeri Maros) tugas kami hanya menjaga keamanan,” tegasnya usai memimpin apel pagi di halaman Mapolres Maros”, Jumat (09/04/2021).

Kapolres Musa meminta seluruh warga di wilayahnya untuk dapat bekerja sama, terutama dalam menyampaikan pesan kepada warga yang terkena dampak eksekusi lahan rel kereta api.

“Tolong sampaikan hal-hal yang menyejukkan. Kami dari Polres Maros hanya sebagai alat negara yang ditugaskan mengamankan proses eksekusi. Jangan kami dibenturkan dengan masyarakat,” katanya.

Ia juga menekankan, apapun yang terjadi proses eksekusi akan tetap dilakukan sesuai putusan mahkama agung.

Namun, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan putusan dan lahan yang akan dieksekusi merupakan kewenangan dari Pengadilan Negeri Maros.

“Bagaimanapun, mereka (warga terdampak eksekusi, red) adalah saudara kita. Namun secara institusi kami sebagai alat negara telah ditugaskan untuk mengamankan proses eksekusi sesuai SOP (standar operasional prosedur),” kata Kapolres Maros.

Jika dalam proses eksekusi nantinya ada tindakan-tindakan perlawanan yang anarkis, Kapolres Maros menegaskan aparat keamanan tidak segan-segan mengambil langkah pengamanan.

“Kami siap bertindak sesuai SOP. Jika ada yang anarkis tetap ditangani khusus dan langsung diarahkan ke Polres,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *