Larangan Mudik Lebaran 2021, Ini Himbauan Kapolres Maros

Maros – Sulsel, Pemerintah Pusat melarang perjalanan mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei mendatang. Namun, untuk meminimalisir jumlah pemudik yang berangkat lebih awal, Polres Maros mulai melakukan  sosialisasi dan inforrmasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Maros.

Selain itu Petugas dari Polres Maros melakukan Pencegahan Mudik di beberapa jumlah titik diantaranga Batas Kota Maros-Makassar, Batas Kota Maros-Pangkep dan Batas Kota Maros-Bone

Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui Operasi Keselamatan hingga 25 April 2021. Kegiatan ini diharapkan mencegah lonjakan kasus Covid-19 akibat perjalanan orang dari luar dan dalam Maros.

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon menjelaskan, setiap warga atau kendaraan yang melewati pos penyekatan bakal diperiksa petugas dan harus menunjukkan hasil tes swab atau rapid antigen, maupun hasil tes menggunakan alat GeNose.

“Kalau ada yang bepergian dengan alasan tertentu, diperiksa surat-surat dan dipastikan dalam keadaan sehat atau cek protokol kesehatan,” katanya saat dikonfirmasi melalui via telp, Rabu (21/4/2021).

AKBP Musa menambahkan, Operasi Keselamatan tersebut akan disosialisasikan secara masif agar masyarakat paham alasan dilarang mudik. Bila tetap nekat, tindakan hukum menjadi pilihan akhir.

Di samping itu, Bupati Maros Chaidir Syam telah mengeluarkan surat Edaran tentang larangan mudik yang akan resmi dilaksanakan tanggal 6 Mei mendatang.

Kapolres Maros telah mengistruksikan jajarannya untuk mengantisipasi tindakan kejahatan jalanan dan aksi terorisme. Anggota Polres Maros juga diminta meningkatkan kewaspadaan dari segala kemungkinan selama Ramadan dan Idul Fitri 2021.

“Lakukan pengamanan secara maksimal di tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti rumah ibadah, pusat belanja dan tujuan wisata agar masyarakat merasa aman,” jelasnya.

Ia juga meminta anggotanya mengantisipasi terjadi kemacetan sekaligus berharap seluruh pihak menyukseskan larangan mudik yang diterapkan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Maros “Mari bersinergi, masyarakat juga perlu dilibatkan untuk tidak mudik terlebih dahulu,” ucap Musa.

Kami Ingin masyarakat merayakan lebaran dirumah saja dengan tidak melaksanakan mudik, dengan kesadaran seluruh masyarakat untul bisa melaksanakannya Insya Allah penurunan angka penyebaran Covid 19 dapat kita minimalisir. Untuk melepaskan rasa rindu dan kangen dengan keluarga dikampung bisa melalui saranan video call atau zoom metting karena kami Polisi pasti tegas dengan larangan mudik ini. Imbuh Kapolres Maros.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *