Kapolres Maros : Larangan Mudik Lebaran 2021 Berlaku Mulai Hari Ini 6-17 Mei, Yuk Tunda Mudik Dulu

MAROS — Tertanggal hari ini Kamis, 06 Mei 2021, Kepolisian Resor Maros Resmi melakukan penyekatan terkait larangan mudik tahun 2021 di dua lokasi yaitu pos penyekatan batas kota maros_pangkep dan Bone.

Kata Kapolres Maros Akbp Musa Tompubolon, Sik, SH., Kami memahami Masyarakat rindu dengan keluarga di kampung halaman, terutama saat momentum Hari Raya Idul fitri. Namun, larangan mudik tersebut ditetapkan demi keselamatan bersama termasuk mereka yang berada di kampung.

Oleh karena itu Kepala Kepolisian Resor (Polres) Maros Akbp Musa Tompubolon, Sik., SH., melarang seluruh masyarakat tanpa terkecuali mudik pada libur Idul fitri 2021 demi keselamatan keluarga. Ada sejumlah alasan mengapa larangan ini ditetapkan pemerintah, termasuk kerap meningkatnya angka kasus COVID-19 saat libur panjang terjadi.

“Saya mengerti kita rindu sanak keluarga di saat seperti ini apalagi di lebaran nanti. Tapi mari utamakan keselamatan bersama dengan tidak mudik ke kampung halaman,” tegas musa.

Dia lantas memaparkan sejumlah alasan mengapa pemerintah akhirnya memutuskan melakukan pelarangan mudik. Salah satunya adalah pengalaman libur panjang dan acara pirtual yang jadi momentum peningkatan kasus COVID-19, seperti di negara India, Malaysia kian kasus Covid-19 semakin meningkat akhir akhir ini, dan hal itu bisa terjadi di negara kita Indonesia apabila masyarakat nekat mudik. Jelasnya.

Data yang dibacakan Musa, setidaknya ada empat libur panjang yang mempengaruhi penambahan kasus COVID-19 secara signifikan. Pertama, adalah saat libur Idulfitri tahun lalu di mana terjadi peningkatan kasus harian hingga 93 persen dan kasus kematian hingga 66 persen.

“Kenaikan kasus COVID yang kedua terjadi saat libur panjang pada 20-23 Agustus 2020. Di mana mengakibatkan terjadi kenaikan hingga 119 persen dan tingkat kematian mingguan meningkat hingga 57 persen,” paparnya.

Saya berharap, masyarakat Maros untuk berdiam di rumah saja dulu, mari menahan diri dulu untuk tahun ini, mudah – mudahan dengan larangan mudik tahun ini, kasus covid-19 segera berakhir l, sehingga kita semuanya liburan berikutnya bisa kembali kehalaman kampung, ucapnya.

Pos penyekatan dijalan poros Pangkep – Maros dan Bone – Maros serta Pos PAM di Grand Mall, Wisata Alam Bantimurung, Pasar Sentral Maros dan Bandara Sultan Hasanuddin, Ungkap Musa.

(@aldipnt28)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *