PROFIL POLRES MAROS

KAPOLRES MAROS
AKBP MUSA TAMPUBOLON, S.I.K., S.H.

Sambutan Kapolres Maros

Komitmen Kepolisian Resor Maros mewujudkan transparansi dan aktualisasi dalam tubuh kepolisian serta sistematika penyampaian berita ataupun wacana dalam ruang lingkup Kepolisian Resor Maros merupakan perwujudan penerapan e-goverment. Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) dalam pola penyampaian berita/kejadian/pengolahan data/pelaporan kinerja dan lain hal yang dirampungkan dalam sebuah website yang diberi nama http://polresmaros.com adalah menjadi salah satu media untuk mempermudah proses penyampaian dan pelaporan serta memiliki akses nasional dan internasional (transparan) dimana masyarakat umum pun bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.

Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) merupakan satu hal yang wajib dalam pelaksanaan institusi polri yang efektif dan efesien.

Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) merupakan satu hal yang wajib dalam pelaksanaan institusi polri yang efektif dan efesien.

Website ini juga berguna untuk mempersingkat alur birokrasi yang selama ini dianggap menjadi suatu penghambat bagi percepatan pelayanan dan menghilangkan kesenjangan antara Kepolisian Resor Maros dengan seluruh lapisan masyarakat dalam dunia maya yang tujuannya demi terciptanya situasi kondusif, aman, tentram melalui pemanfaatan IT dalam hal ini website.

Agar lebih mudah dijangkau dimana Kepolisian Resort Maros mencoba menggabungkan program ini dengan Program Prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs. LISTYO SIGIT PRABOWO, M.Si transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan).

Semoga penyampaian informasi publik Polres Maros ini, dapat memberi rasa kepuasan kepada seluruh warga Kabupaten Maros, khususnya pada bidang Pelayanan Kepolisian.

Sekian dan Terima Kasih.

Salamaki Topada Salama


VISI

Visi Polres Maros adalah Terwujudnya pelayanan Kamtibmas yang unggul, terjalinnya kemitraan Polri dengan masyarakat, penegakan hukum yang efektif serta sinergi polisional yang proaktif dalam rangka memantapkan Kamdagri khususnya di wilayah hukum Polres Maros dengan mengedepankan prinsip adat Istiadat yakni :

  • SIPAKATAU (saling menghormati)
  • SIPAKAINGE (saling mengingatkan)
  • SIPAKALEBBI (saling menghargai) 

Prinsip Adat tersebut yang berlaku di tengah tengah Masyarakat Kabupatan Maros.

MISI

  • Mewujudkan pelayanan kamtibmas prima kepada masyarakat melalui kegiatan pelayanan administrasi Kepolisian, preemtif, preventif, represif (penegakan hukum) dengan memanfaatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan keamanan di wilayah hukum Polres Maros  yang kondusif;
  • Memberikan   perlindungan,  pengayoman  dan   pelayanan kepada masyarakat secara mudah, cepat, tepat, responsif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif dalam rangka terpeliharanya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Maros;
  • Mewujudkan   kemitraan   dan   kerjasama  dengan masyarakat dan meningkatkan sinergi Polisional interdepartemen/lembaga dan unsur lainnya dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara Kamtibmas.
  • Mewujudkan   peran   Bhabinkamtibmas   dalam mengimplementasi kan  strategi Polmas yang berada di desa /kelurahan;
  • Mewujudkan penegakan hukum dengan meningkatkan pengungkapan dan penyelesaian kasus tindak pidana yang transparan, akuntabel, objektif, tidak diskriminatif, menjunjung tinggi HAM, anti KKN, anti kekerasan dan terpenuhinya hak tersangka dan saksi pelapor;
  • Melaksanakan   deteksi   dini   dan   peringatan   dini terhadap semua aspek kehidupan yang dapat mengganggu kamtibmas melalui kegiatan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan;
  • Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang.
  • Meningkatkan upaya konsolidasi internal sebagai upaya   menyamakan visi dan misi Polres Maros kedepan.
  • Memelihara  solidaritas institusi dan bekerjasama dengan semua potensi di Kabupaten Maros terutama dengan instansi pemerintah kabupaten dan unsur TNI dalam menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.
  • Meningkatkan kegiatan operasional untuk mencegah dan menekan segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban terutama yang berpotensi meresahkan masyarakat